- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
PENDIDIKAN SEJARAH
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Naskah Proklamasi |
Makna Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia
17 Agustus 1945 bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan. dengan proklamasi kemerdekaan tersebut, maka bangsa Indonesia telah lahir sebagai bangsa dan negara yang merdeka.
- Merupakan titik kulminasi perjuangan bangsa Indonesia dalam rangka mencapai kemerdekaannya. Perjuangan bangsa Indonesia yang panjang dalam menentang penjajah, telah memakan waktu, tenaga, dan pengorbanan yang tidak sedikit. Kemerdekaan Indonesia merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam melepaskan diri dari belenggu penjajahan.
- Proklamasi kemerdekaan secara politik dan ideologis merupakan pernyataan bangsa Indonesia untuk lepas dari penjajahan, dan membentuk Negara Indonesia, yang merdeka dan berdaulat.
- Dengan kemerdekaan yang diraih, bangsa Indonesia memperoleh kebebasannya. Bebas dari segala bentuk penindasan dan penjajahan asing. Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dan berdaulat yang memiliki kebebasan dalam menentukan nasibnya sendiri.
- Proklamasi kemerdekaan merupakan jembatan untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur. Kemerdekaan merupakan satu tahapan penting yang telah dilalui oleh bangsa Indonesia. Setelah itu bangsa Indonesia meneruskan tahap berikutnya untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaannya.
- Dalam bidang ekonomi, bangsa Indonesia bebas mengatur perekonomiannya sendiri, sesuai dengan pasal 33 UUD RI tahun 1945.
- Dalam bidang sosial kemerdekaan berarti menghilangkan kelas-kelas sosial dalam masyarakat, menciptakan tatanan masyarakat yang sederajat. menghormati antara satu sama lain dan kesetaraan, serta menghilangkan kelas dalam masyarakat.
- Proklamasi kemerdekaan merupakan berkah dari Tuhan yang Maha Esa dan hasil perjuangan bangsa Indonesia. Oleh karenanya, kemerdekaan Indonesia bukan merupakan hadiah dari Jepang sebagaimana yang dijanjikan, tetapi merupakan hasil perjuangan bangsa Indonesia.
1. Kerjakan dalam buku latihan Anda masing-masing tentang Biografi tokoh-tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia !
Biografi adalah sebuah jenis karya sastra yang berisi riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biasanya, istilah biografi akan sering didengar dalam pelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain.
2. Sosiodrama sering dikenal dengan istilah role playing.
Sosiodrama berasal dari kata sosio dan drama. Sosio berarti sosial menunjuk pada kegiatan-kegiatan sosial, dan drama berarti mempertunjukkan, mempertontonkan atau memperlihatkan. Metode pembelajaran sosiodrama berarti cara menyajikan bahan pelajaran dengan cara mempertunjukan dan mempertontonkan atau mendramatisasikan cara tingkah laku dalam hubungan sosial (Tukiran Taniredja, 2012: 39). Menurut Sagala (2009: 213) sosiodrama adalah metode mengajar yang mendramatisasikan suatu situasi sosial yang mengandung suatu problem, agar peserta didik dapat memecahkan suatu masalah yang muncul dari suatu situasi sosial. Abu Ahmad & Widodo Supriyono (2004: 123) menyatakan bahwa teknik sosiodrama adalah suatu cara yang memberikan kesempatan pada murid-murid untuk mendramatisasikan sikap, tingkah laku atau penghayatan seseorang seperti yang dilakukan dalam hubungan sosial sehari-hari di masyarakat.
Tujuan penggunaan sosiodrama menurut Abu Ahmad & Widodo Supriyono (2004: 123) adalah: 1. Menggambarkan bagaimana seseorang atau beberapa orang dalam menghadapi situasi sosial. 2. Bagaimana menggambarkan cara memecahkan suatu masalah sosial. 3. Menumbuhkan dan mengembangkan sikap kritis terhadap tingkah laku yang harus atau jangan sampai diambil dalam situasi sosial tertentu saja. 4. Memberikan pengalaman atau penghayatan situasi tertentu. 5. Memberikan kesempatan untuk meninjau situasi sosial dari berbagai sudut pandang.
Cara pembelajaran sosiodrama dapat dilakukan melalui beberapa langkah. Nana Sudjana (2005: 85) menjelaskan petunjuk sosiodrama, diantaranya: 1. Menetapkan dahulu masalah-masalah sosial yang menarik perhatian siswa untuk dibahas. 2. Menceritakan kepada kelas mengenai isi dari masalah-masalah dalam konteks cerita tersebut. 3. Menetapkan siswa yang dapat atau yang bersedia untuk memainkan perannya di depan kelas. 4. Menjelaskan kepada pendengar mengenai peranan mereka pada waktu sosiodrama sedang berlangsung. 5. Memberi kesempatan kepada para pelaku untuk berunding beberapa menit sebelum mereka memainkan peran. 6. Mengakhiri sosiodrama pada waktu situasi pembicaraan mencapai ketegangan. 7. Akhiri sosiodrama dengan diskusi kelas untuk bersama-sama memecahkan masalah persoalan yang ada pada sosiodrama tersebut. 8. Menilai hasil sosiodrama tersebut sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut. Cara Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh Melalui Pembelajaran Sejarah Peminatan dengan Metode Sosiodrama dan implementasi (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) P5 dalam Kurikulum Merdeka.
SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA
FILEM DOKUMENTASI
KARYA EMAS SISWA SISWI SMAN 2 SUNGAI PENUH
LINK VIDEO: https://youtu.be/-5CRGXKooTU dan Sumber: https://fis08.blogspot.com/2024/03/mv15sejarah-peminatan-proklamasi.html
Kirim Tugas Video di sini,
BUKA/ KLIK >>>Hasil Tugas Proyek
PINDAI AKU !
VIDEO PEMBELAJARAN RELEVAN:
Klik/ Buka ini>>Indonesia Merdeka
Semangat Merdeka Di Rengasdengklok
ULANGAN HARIAN
A. Jawablah soal-soal dengan baik dan benar !
1. Buatlah di dalam buku latihan Peta Wilayah Indonesia pada Awal Kemerdekaan. Nama 8 Provinsi/ Gubernur:
a. Jawa Barat (Sutarjo Kartohadikusumo)
b. Jawa Tengah (R.P. Soeroso)
c. Jawa Timur (Soerjo)
d. Borneo / Kalimantan (Ir. Mohammad Noor)
e. Sulawesi (Dr. Sam Ratulangi)
f. Maluku (Mr. Latuharhary)
g. Sunda Kecil / Nusa Tenggara (Mr. Ketut Pudja)
h. Sumatera (Mr. T. Mohammad Hassan)
2. Apa makna proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam bidang politik ?
3. Apa makna proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam bidang pendidikan?
4. Jelaskan arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia?
5. Mengapa Proklamasi kemerdekaan Indonesia dianggap sebagai titik kulminasi perjuangan bangsa Indonesia !
B. Kerjakan tugas di bawah ini !
Carilah dari berbagai sumber, baik dari buku-buku referensi, media massa cetak maupun elektronik, ataupun internet mengenai makna proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam berbagai bidang dengan contoh-contohnya.
Makna Proklamasi dalam bidang-bidang:
✔Politik
✔Ekonomi
✔Sosial
✔Budaya
✔ Pendidikan
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar