PENDIDIKAN SEJARAH

Januari_Desember 2025

AKSI NYATA Topik: Peningkatan Praktik Kinerja


megivornika2@gmail.com

KLIK/BUKA>>Bukti Karya

Saya Megi Vornika sebagai guru Sejarah di SMAN 2 Sungai Penuh dalam siklus peningkatan kinerja di Program Merdeka Mengajar (PMM) Tahun 2024/ 2025, tugas saya adalah memastikan bahwa setiap langkah dalam proses perbaikan pembelajaran dilakukan dengan baik. Materi adalah Proklamasi Kemerdekaan.
PINDAI AKU !


VIDEO AKSI NYATA Topik: Peningkatan Praktik Kinerja

Sumber: https://youtu.be/PzRPcSNhjSU


1. Perencanaan Pembelajaran
Identifikasi Kebutuhan: Sebagai guru, langkah pertama saya adalah memahami kebutuhan belajar peserta didik dan menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas. Saya menganalisis hasil penilaian sebelumnya untuk mengetahui area mana yang membutuhkan perhatian lebih. Desain Pembelajaran: Saya merancang rencana pembelajaran yang mencakup tujuan pembelajaran, strategi pengajaran, dan alat penilaian yang tepat. Dalam PMM, saya juga dapat memilih model pembelajaran yang sesuai, seperti pembelajaran berbasis proyek, kolaboratif, atau diskusi.

2. Pelaksanaan Pembelajaran 
Implementasi Rencana: Pada tahap ini, saya melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana yang telah disusun. Saya menerapkan metode yang sudah dirancang dan memastikan bahwa setiap siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Pemantauan Pembelajaran: Sebagai guru, saya juga perlu memantau interaksi dan perkembangan peserta didik selama pelaksanaan. Saya menggunakan teknik observasi untuk menilai pemahaman mereka dan memberikan umpan balik langsung jika diperlukan.

3. Evaluasi Pembelajaran
Penilaian Hasil Pembelajaran: Saya mengadakan evaluasi untuk mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai. Penilaian ini dapat berupa tes, tugas, atau observasi. Dengan menggunakan berbagai metode, saya mendapatkan gambaran lengkap tentang perkembangan siswa.
Refleksi Diri: Saya juga melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran. Apakah strategi yang saya pilih efektif? Apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki? Dengan melakukan refleksi, saya bisa menentukan langkah perbaikan untuk perencanaan berikutnya.

4. Perbaikan dan Peningkatan
Identifikasi Tantangan dan Solusi: Berdasarkan hasil evaluasi dan refleksi, saya mengidentifikasi tantangan yang dihadapi siswa dan merencanakan solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Ini bisa mencakup perbaikan dalam metode pengajaran, materi, atau bahkan penyesuaian tujuan pembelajaran.
Tindak Lanjut: Saya merancang aktivitas pemulihan atau latihan tambahan bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang diharapkan. Ini membantu memastikan bahwa semua siswa dapat mencapai standar pembelajaran yang ditetapkan.

5. Kolaborasi dan Pengembangan Profesional
Berbagi Pengalaman: Sebagai guru dalam PMM, saya juga aktif dalam kolaborasi dengan rekan-rekan sejawat. Diskusi dan berbagi pengalaman serta strategi mengajar yang efektif sangat penting untuk peningkatan pembelajaran secara berkelanjutan.
Pengembangan Diri: Saya mengikuti pelatihan atau workshop untuk meningkatkan keterampilan profesional saya. Ini termasuk mempelajari teknik terbaru dalam pengajaran dan teknologi pendidikan yang dapat memperkaya proses belajar mengajar di kelas.

6. Pemantauan dan Evaluasi Berkelanjutan
Penyusunan Laporan: Setelah siklus berakhir, saya menyusun laporan mengenai hasil yang telah dicapai selama siklus tersebut. Ini membantu saya melacak perkembangan siswa dan menentukan arah pembelajaran berikutnya.
Penyempurnaan Siklus: Berdasarkan laporan dan analisis hasil evaluasi, saya memperbaiki perencanaan untuk siklus berikutnya. Ini adalah upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Secara keseluruhan, peran saya sebagai guru dalam PMM adalah untuk memastikan adanya siklus yang terus berlanjut antara perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan untuk mencapai kualitas pembelajaran yang lebih baik. Pendekatan ini tidak hanya melibatkan siswa, tetapi juga melibatkan peningkatan profesionalisme saya sebagai pendidik.

Bapak/Ibu Guru, saya melakukan Aksi Nyata sebagai implementasi pemahaman saya terhadap salah satu topik Pelatihan Mandiri di platform Merdeka Mengajar. Mohon bantuan Bapak/Ibu Guru untuk memberikan tanggapan di tautan berikut.
Terima kasih.

KLIK/ BUKA BUKTI KARYA >>UNDUH

*****


Komentar