- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
PENDIDIKAN SEJARAH
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
BUKA INI
👇
https://bit.ly/Kontrak_belajar_sejarah_Indonesia
PERANGKAT PEMBELAJARAN:
PRANGKAT PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI
Tugas Pengajar:
a. menyusun kurikulum pembelajaran pada satuan pendidikan; b. menyusun silabus pembelajaran; c. menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran; d. melaksanakan kegiatan pembelajaran; e. menyusun alat ukur/soal sesuai mata pelajaran; f. menilai dan mengevaluasi proses dan hasil belajar pada mata pelajaran yang diampunya; g. menganalisis hasil penilaian pembelajaran; h. melaksanakan pembelajaran/perbaikan dan pengayaan dengan memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi; i. menjadi pengawas penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat sekolah dan nasional; j. membimbing guru pemula dalam program induksi; k. membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler proses pembelajaran; I. melaksanakan pengembangan diri; m. melaksanakan publikasi ilmiah; dan n. membuat karya inovatif.
***
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
megivornika2@gmail.com
Sekolah: SMA
Mata Pelajaran: Sejarah
Kelas/Semester: 10 / 1
Topik: Perkembangan Kebudayaan pada Masa Prasejarah
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- Menyebutkan ciri-ciri zaman prasejarah berdasarkan bukti arkeologi.
- Menjelaskan perkembangan kebudayaan manusia pada masa prasejarah.
- Menganalisis pengaruh kebudayaan prasejarah terhadap kehidupan manusia saat ini.
II. Materi Pembelajaran
- Pengertian prasejarah dan periode-periode dalam prasejarah (Paleolitikum, Mesolitikum, Neolitikum, dan Perunggu).
- Ciri-ciri kebudayaan manusia pada masa prasejarah.
- Temuan-temuan arkeologi yang menjadi bukti kehidupan prasejarah (alat-alat batu, seni rupa prasejarah, dll).
- Pengaruh kebudayaan prasejarah terhadap kehidupan masyarakat saat ini.
III. Metode Pembelajaran
- Diskusi Kelompok
- Penugasan Individu
- Tanya jawab
- Pemaparan materi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan (10 menit)
- Mengucapkan salam dan menanyakan kondisi siswa.
- Apersepsi: Mengajak siswa untuk mengingat tentang sejarah manusia sebelum ada tulisan dan bagaimana bukti-bukti yang ditemukan oleh para arkeolog.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaatnya.
1. Eksplorasi (20 menit):
a. Guru menjelaskan pengertian prasejarah dan periode-periode dalam sejarah manusia (Paleolitikum, Mesolitikum, Neolitikum, dan Perunggu).
b. Menampilkan gambar atau video mengenai kehidupan manusia pada masa prasejarah dan perkembangan kebudayaan pada setiap periode.
2. Elaborasi (30 menit):
a. Siswa dibagi dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan ciri-ciri kebudayaan pada masa prasejarah (alat-alat yang digunakan, bentuk seni, dan cara bertahan hidup).
b. Masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya di depan kelas.
3. Konfirmasi (20 menit):
a. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil diskusi kelompok.
b. Menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan memberikan pertanyaan reflektif mengenai pengaruh kebudayaan prasejarah terhadap kehidupan manusia saat ini.
C. Penutup (10 menit)
- Menyimpulkan pembelajaran hari itu.
- Memberikan tugas rumah (membaca bab berikutnya atau membuat ringkasan tentang temuan arkeologi dari masa prasejarah).
- Mengucapkan salam dan mengakhiri pembelajaran.
1. Media:
a. Gambar atau video tentang kehidupan masa prasejarah.
b. Alat peraga berupa peta atau gambar artefak prasejarah.2. Sumber:
a. Buku teks Sejarah SMA Kelas 10.
b. Artikel atau jurnal mengenai prasejarah Indonesia.VI. Penilaian
Penilaian Pengetahuan: Menggunakan soal pilihan ganda atau uraian untuk menguji pemahaman siswa tentang topik yang dibahas.
Penilaian Keterampilan: Menilai kemampuan siswa dalam diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi.
VII. Refleksi
Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran, mengidentifikasi keberhasilan dan tantangan dalam pelaksanaan RPP untuk perbaikan di pertemuan berikutnya.
SILABUS
megivornika2@gmail.com
Sekolah: SMA
Mata Pelajaran: Sejarah
Kelas/Semester: 10 / 1
Alokasi Waktu: 1 Tahun (2 x 45 menit per minggu)
I. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Setelah mengikuti pembelajaran sejarah kelas 10, siswa diharapkan dapat:
- Menganalisis peristiwa sejarah dalam konteks perkembangan kebudayaan manusia.
- Mengidentifikasi pengaruh peristiwa-peristiwa sejarah terhadap perkembangan masyarakat.
- Menghargai warisan budaya sebagai bagian dari identitas bangsa.
II. Kompetensi Inti (KI)
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
KI 2: Menghargai dan menghayati nilai-nilai sosial dan budaya.
KI 3: Mengembangkan pengetahuan tentang sejarah melalui pemahaman berbagai peristiwa dan fenomena sejarah.
KI 4: Mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan kreatif dalam menghadapi masalah sejarah.
III. Kompetensi Dasar (KD)
- Kompetensi Dasar 3.1: Menyebutkan dan mengidentifikasi ciri-ciri zaman prasejarah berdasarkan bukti arkeologis.
- Kompetensi Dasar 3.2: Menjelaskan perkembangan kebudayaan pada masa prasejarah, dari paleolitikum, mesolitikum, neolitikum hingga perunggu.
- Kompetensi Dasar 3.3: Mengidentifikasi peran agama dan kebudayaan Hindu-Buddha dalam pembentukan peradaban masyarakat Indonesia.
- Kompetensi Dasar 3.4: Menganalisis bukti sejarah yang terkait dengan perkembangan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.
- Kompetensi Dasar 3.5: Mengidentifikasi dampak penyebaran Islam terhadap kehidupan sosial, budaya, dan politik di Indonesia.
IV. Materi Pembelajaran
A. Perkembangan Kebudayaan Prasejarah- Pengertian prasejarah.
- Periode-periode dalam prasejarah (Paleolitikum, Mesolitikum, Neolitikum, Perunggu).
- Ciri-ciri kebudayaan pada masa prasejarah.
- Bukti-bukti arkeologi masa prasejarah.
B. Perkembangan Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
- Masuknya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia.
- Pengaruh Hindu-Buddha terhadap masyarakat Indonesia.
- Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha (Kutai, Tarumanegara, Sriwijaya, Majapahit).
- Prasasti dan artefak sebagai bukti sejarah.
- Penyebaran Islam di Indonesia.
- Peran kerajaan Islam dalam penyebaran Islam.
- Dampak penyebaran Islam terhadap kehidupan sosial, budaya, dan politik.
V. Metode Pembelajaran
- Pemaparan Materi
- Diskusi Kelompok
- Penugasan Individu
- Tanya jawab
- Penyelidikan dan Penelitian (termasuk pemanfaatan sumber-sumber primer dan sekunder)
VI. Media dan Sumber Pembelajaran
Media Pembelajaran
- Gambar, video, dan peta yang berkaitan dengan perkembangan kebudayaan prasejarah dan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha.
- Alat peraga (prasasti, artefak) atau model tiga dimensi.
- Papan tulis, proyektor.
Sumber Pembelajaran
- Buku teks Sejarah SMA Kelas 10
- Artikel atau jurnal tentang sejarah prasejarah dan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.
- Buku referensi mengenai sejarah Indonesia.
VII. Penilaian
Penilaian dilakukan untuk mengukur sejauh mana kompetensi yang telah dicapai oleh siswa. Penilaian terdiri dari:
Penilaian Pengetahuan- Ulangan harian (soal pilihan ganda, uraian, dan tes tertulis lainnya).
- Tugas individu atau kelompok (seperti membuat presentasi mengenai kerajaan Hindu-Buddha atau hasil diskusi tentang prasejarah).
- Keterampilan dalam mendiskusikan dan mempresentasikan hasil pembelajaran secara jelas dan terstruktur.
- Penilaian terhadap partisipasi dalam diskusi kelompok.
VIII. Rencana Pembelajaran Per Pertemuan
Berikut adalah rencana pembelajaran per pertemuan untuk beberapa topik utama dalam semester 1:
Pertemuan | Topik Pembelajaran | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
---|---|---|---|
1 | Pengantar Sejarah dan Periode Sejarah | 3.1 Menyebutkan ciri-ciri zaman prasejarah | 2 x 45 menit |
2 | Zaman Paleolitikum dan Mesolitikum | 3.2 Menjelaskan kebudayaan pada masa prasejarah | 2 x 45 menit |
3 | Zaman Neolitikum dan Perunggu | 3.2 Menjelaskan kebudayaan pada masa prasejarah | 2 x 45 menit |
4 | Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia | 3.3 Mengidentifikasi peran agama Hindu-Buddha | 2 x 45 menit |
5 | Kerajaan Kutai dan Tarumanegara | 3.4 Menganalisis bukti sejarah kerajaan Hindu-Buddha | 2 x 45 menit |
6 | Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit | 3.4 Menganalisis bukti sejarah kerajaan Hindu-Buddha | 2 x 45 menit |
MODUL
megivornika2@gmail.com
Topik: Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
Mata Pelajaran: Sejarah
Kelas/Semester: 12 / 1
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit (1 pertemuan)
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:
- Menjelaskan latar belakang dan faktor-faktor yang mendorong perjuangan kemerdekaan Indonesia.
- Mengidentifikasi berbagai bentuk perjuangan rakyat Indonesia, baik yang bersifat fisik maupun diplomasi.
- Menyebutkan tokoh-tokoh perjuangan kemerdekaan dan peranannya dalam merebut kemerdekaan.
- Menganalisis dampak dari perjuangan kemerdekaan terhadap perkembangan negara Indonesia pasca kemerdekaan.
II. Materi Pembelajaran
Latar Belakang Perjuangan Kemerdekaan Indonesia- Penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Belanda, Inggris) dan dampaknya terhadap masyarakat Indonesia.
- Faktor internal: kondisi sosial, politik, ekonomi, dan kebudayaan yang mendorong kesadaran bangsa untuk merdeka.
- Pengaruh Perang Dunia I dan II terhadap penjajahan di Indonesia.
Bentuk-bentuk Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
- Perjuangan Fisik: Perlawanan fisik oleh rakyat dan pejuang seperti: Perang Aceh (1873-1904), Perang Diponegoro (1825-1830). Perjuangan Pahlawan Nasional seperti Soedirman, Bung Tomo, dan lainnya.
- Perjuangan Diplomasi: Peran organisasi pergerakan nasional seperti:Budi Utomo (1908)
- Sumpah Pemuda (1928)
- Gerakan Kemerdekaan yang dimotori oleh organisasi seperti Indische Partij, PNI, dan lain-lain.
- Mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, seperti pembentukan BPUPKI dan PPKI.
Proses Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
- Latar belakang proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.
- Tokoh-tokoh yang terlibat dalam proklamasi kemerdekaan: Soekarno, Hatta, dan tokoh lainnya.
- Pengaruh proklamasi terhadap perubahan politik dan sosial di Indonesia.
Peran Tokoh-tokoh Perjuangan
- Soekarno dan Hatta: Sebagai pemimpin kemerdekaan dan pendiri negara.
- Jenderal Soedirman: Pahlawan nasional yang memimpin perang gerilya.
- Bung Tomo: Peranannya dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan di Surabaya.
- Tokoh pergerakan lainnya: Ki Hajar Dewantara, Sutan Sjahrir, dan Mohammad Hatta.
III. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menit)Mengucapkan salam dan memeriksa absensi siswa.
Apersepsi: Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai pengetahuan mereka tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia. Misalnya, "Siapa saja yang kalian ketahui sebagai pahlawan kemerdekaan Indonesia?" dan "Apa yang memotivasi mereka untuk berjuang?"
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan pentingnya materi ini dalam memahami sejarah Indonesia.
2. Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi (20 menit):Guru memberikan penjelasan mengenai latar belakang perjuangan kemerdekaan Indonesia, termasuk faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi.Menjelaskan berbagai bentuk perjuangan (fisik dan diplomasi), serta peran organisasi pergerakan.
Elaborasi (30 menit):Diskusi kelompok: Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk membahas salah satu tokoh atau peristiwa penting dalam perjuangan kemerdekaan, seperti Soekarno, Hatta, atau Perang Surabaya. Setiap kelompok menganalisis peran tokoh atau peristiwa tersebut dalam perjuangan kemerdekaan.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
Konfirmasi (20 menit):Guru memberikan klarifikasi dan umpan balik terhadap hasil diskusi kelompok.
Guru menjelaskan dengan lebih rinci mengenai pengaruh perjuangan kemerdekaan terhadap kemerdekaan Indonesia dan bagaimana hal itu membentuk negara Indonesia saat ini.
3. Penutupan (10 menit)
Menyimpulkan materi pembelajaran hari ini dengan mengingatkan kembali tentang peran tokoh-tokoh perjuangan, bentuk-bentuk perjuangan, dan dampaknya terhadap negara Indonesia.
Memberikan tugas rumah berupa menulis esai tentang bagaimana peran Jepang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
Mengingatkan siswa untuk mempersiapkan materi untuk pembelajaran berikutnya.
IV. Aktivitas Siswa
- Diskusi Kelompok: Siswa mendiskusikan tokoh atau peristiwa penting dalam perjuangan kemerdekaan, seperti Soekarno, Hatta, atau peristiwa Proklamasi Kemerdekaan.
- Tugas Individu: Menulis esai tentang pengaruh Jepang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
V. Media dan Sumber Pembelajaran
Media Pembelajaran
- Peta sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.
- Video dokumenter tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan perjuangan fisik di Surabaya.
- Gambar prasasti, foto-foto perjuangan, dan tokoh-tokoh penting.
Sumber Pembelajaran
- Buku teks Sejarah SMA Kelas 12
- Artikel dan jurnal sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia
- Referensi online dan sumber audiovisual.
VI. Penilaian
- Penilaian Pengetahuan
- Tes Tertulis: Soal pilihan ganda dan uraian yang menguji pemahaman siswa tentang latar belakang, tokoh, dan peristiwa perjuangan kemerdekaan Indonesia.
- Penilaian Keterampilan
- Diskusi Kelompok: Menilai kemampuan siswa dalam menganalisis dan mendiskusikan peran tokoh-tokoh atau peristiwa penting dalam perjuangan kemerdekaan.
- Tugas Esai: Menilai kemampuan siswa dalam menulis esai yang mendalam mengenai pengaruh Jepang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
VII. Refleksi Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, guru melakukan refleksi mengenai:
- Apakah tujuan pembelajaran tercapai dengan baik?
- Apakah metode yang digunakan efektif dalam membantu siswa memahami materi?
- Apa yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan dalam pembelajaran selanjutnya?
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar